Tips Memotret Menggunakan Kamera Ponsel

balqis

Kecewa dengan gambar yang dihasilkan dari jepretan kamera ponsel Anda? Mungkin Anda perlu mengetahui tips-tips untuk memaksimalkan kamera ponsel Anda. Bila Anda malas mencarinya di web, silakan baca tips ini. Berikut adalah beberapa tips berkamera untuk mendapatkan gambar terbaik dari kamera ponsel kita.

1. GUNAKAN RESOLUSI TERTINGGI

Resolusi yang lebih tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih jelas dan tajam. Terlebih untuk yang memiliki resolusi maksimal di bawah 1 mp. Masalahnya resolusi tinggi akan mengakibatkan ukuran gambar yang lebih besar.

2. BERSIHKAN LENSA SECARA BERKALA

Lensa kamera ponsel tidak anti debu, kotoran, dan sidik jari. Bersihkan secara berkala dengan kain pembersih lensa yang bisa didapatkan di toko-toko kacamata atau kamera.

3 EDIT GAMBAR DI PC

Menyenangkan juga menggunakan fitur editing dan efek-efek yang disediakan oleh ponsel. Namun, melakukan editing gambar di komputer akan menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih baik.

4. RENCANAKAN SUBYEK DENGAN BAIK

Semakin baik kerangka rancangan subyek foto maka akan semakin jelas gambar yang dihasilkan. Apabila memungkinkan, atur ISO/whie balance dan pengaturan lanjutan kemera lain yang disediakan kamera ponsel. Rencanakan pengambilan gambar di luar ruangan atau nyalakan lampu bila harus mengambil gambar di dalam ruangan.

5. MENDEKATI OBYEK

Satu dari kebanyakan kesalahan yang dilakukan dengan kamera ponsel adalah obyek foto terlihat kecil, tidak dikenali, bahkan terlalu jauh. Gambar yang dihasilkan kamera ponsel cenderung menjadi kecil akibat resolusi yang rendah. Untuk itu, penuhilah view finder dengan obyek foto. Namun, jangan terlalu dekat, karena bisa mengakibatkan distorsi berupa kurang fokusnya gambar dan sebagainya.

6. JANGAN MENGGUNAKAN ZOOM DIGITAL

Zoom digital sebenarnya akan mengurangi kualitas jepretan kamera. Jangan gunakan fitur ini. Kita bisa memperbesar gambar yang diinginkan dengan melakukan editing di komputer, dengan menggunakan software tertentu.

7. JANGAN BERGERAK

Seperti halnya semua jenis fotografi; semakin kecil gerakan saat mengambil gambar, akan semakin jelas gambar yang dihasilkan. Hal ini penting saat pengambilan dengan pencahayaan minim. Lebih baik lagi apabila kita bersandar pada obyek solid saat memotret, seperti meja atau dinding.

8. BEREKSPERIMEN DENGAN WHITE BALANCE

Banyak kamera ponsel menyediakan fitur pengatur white balance, yang memungkinkan kita memodifikasi keseimbangan warna pada gambar berdasarkan kondisi pengambilan gambar. Percobaan-percobaan layak Anda lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik, berdasarkan kondisi cuaca saat itu.

9. JEPRET GAMBAR SEBANYAK MUNGKIN

Keuntungan fotografi digital (termasuk kamera ponsel) adalah kita bisa mengambil gambar sebanyak mungkin tanpa mengeluarkan biaya. Artinya kita bisa bereksperimen dengan mode-mode pemotretan berbeda termasuk dalam hal komposisi dan membuangnya ketika tidak membutuhkannya.

10. IKUTI ATURAN DAN SESEKALI MELANGGARNYA

Pelajari aturan komposisi dasar fotografi (semisal jangan meletakkan subyek di tengah-tengah frame, tetapi di sepertiga bagiannya). Tips sederhana seperti ini akan menghidupkan hasil foto. Tapi ingatlah bahwa keindahan kamera ponsel adalah kemampuannya membebaskan diri dari semua batasan, termasuk aturan dasar fotografi di atas. Jadi, ambillah gambar dari setinggi pinggang, dari dasar lantai, dari atas, atau apapun itu yang membuatnya lebih unik.

11. BANYAK MLIHAT HASIL PHOTO DR MAJALAH

buka majalah ky aneka,hai ,mode dll. pelajari gaya model & sudut shoot kamera serta arah cahayanya. itu akan mngasah kmampuan km tuk kreatif dan paham secara otodidak tehnik dasar photograph.

12. GUNAKAN BACKGROUND SEDERHANA, TAK TERLALU RAMAI

Background yang simpel akan mnguatkan fokus obyek yang hendak dfoto. Sebaliknya, background yang ramai akan mengaburkan fokus obyek.

Tips-tips ini memang tidak drastis meningkatkan kualitas foto kamera ponsel. Namun, akan membantu mengurangi kesalahan kecil yang seharusnya tidak terjadi. Fotografi selalu terkait rasa, selera, dan teknik yang benar. Semuanya bisa dimunculkan dengan banyak berlatih.

13. KONSEP

Ide gaya emang bs lo ambil dr majalah or sample model di internet.tp jgn jd plagiat 100% dunx…..

be ur self aj.en jgn pake cara instant jepret 3 ato 4 photo aj.inget lo bukan model.seorang karenina aj butuh puluhan take cm tuk dptin 1 masterpiece .yg ptg sblom motret ,lo dh dpt pose nya.maksimalkan lightingnya.jepret puluhan X g mslah, toh ntar yg jelek bs km hapus tow…

met narsis aj dechhhhhhhhh…

+an :

klu lo blm ngeh soal cahaya,ni ad trik sederhana.posisikan obyek sbg sumbu jarum jam.camera sbg angka 1-12 .cb snap dr angle angka 1,trs 2,dst.ntar km bandingin hasilna yg plg bagus dr sudut mana.br deh mulai jepred2..

Narasumber: Todung Gultom (KOKAS Salatiga)