Review Spotify Premium untuk Family (layanan sewa music premium)

Spotify

Music. Rasanya untuk saat ini kita susah melepasnya di-era yang penuh digital seperti saat ini. Spotify adalah layanan yang paling top untuk streaming music dan jumlah lagu yang ditawarkan banyak banget, bahkan genre dangdut juga banyak.

Rasanya saya sudah dua tahun lebih memakai layanan Spotify, tetapi baru sempat review sekarang. Meski dulu memilih layanan premium individu yang mengharuskan merogok kocek agak dalam sekitar 50K per month.

Tapi untuk saat ini move on ke layanan family, karena hanya membutuhkan 80K per month untuk 5 orang anggota, that’s a huge deals. Bisa Lumayan menghemat karena per tahun hanya sekitar 200K, jika di bandingkan dengan individu yang membutuhkan 600K per tahun, tentunnya jika ingin menghemat anggota family harus diisi semua.

Spotify premium family

Anyway benefits anggara premium kurang lebih sebagi berikut:

-no ads
-skip music anytime
-high quality music
-downloadable
-pay on-demand

But ada yang saya sayangkan dengan layanan premium spotify family saat ini, semenjak tahun lalau merubah privacy nya. Spotify family mengharuskan untuk anggota yang di undang harus satu atap (satu rumah).

Kalau misal saya mempunyai anggota keluarga yang beda tempat tinggal bagaimana?, tentunya tidak bisa. Meski terkadang kita sudah memasukkan alamat yang bener tapi suatu saat spotify bisa mengetahui nya, that’s doesn’t make sense!, mungkin ada banyak orang yang memanfaatkan layanan ini untuk menjual akun dan jumlahnya massive, mengingat sampai saat ini spotify masih mengalami kerugian.

Dulu saya sempat mengalami masalah alamat, kareana saya daftar spotify itu sudah long long time ago dan berita buruknya, saya lupa memasukkan alamat apa disana. anehnya lagi saya contact spotify by email / tweet dan jawabannya dia bilang kita tidak bisa cek alamat bapak. sangat anehkan bagaimana bisa mencocokkan data kalau alamat before aja tidak tahu? tidak tahu atau tidak diperbolehkan!.

setelah contact 5 hari di tweet, saya jelaskan macam-macam akhirnya mendapatkan solusi untuk invite anggota yang dulunya di kick!. soulusinya dengan invite menggunakan link valid dari CS Spotify.

Saran untuk pengguna baru yang ingin berlangganan Family, ingatlah beberapa tips berikut:

  • Akan lebih menguntungkan bila anggota keluarga dalam akun tersebut setidaknya 3 orang. Tapi ini subjektif dan relatif, sih
  • Di saat memasukkan alamat, pastikan screen shot halaman itu, suatu saat akan dibutuhkan lagi, ternyata.
  • Kalau yang sudah terlanjur, bisa kontak CS via tweet cerita masalah yang dialami dengan jelas.

Mungkin itu saja, so far Spotify adalah layanan yang sudah melekat di keseharian hidup saya.
dan belum bisa move on ke layanan lain seperti, Apple Music, JOOX, Google Music.