Review Jenius App by Bank BTPN “the next digital banking”

keunggulan-Jenius

Di-era industri 4.0 menjadi era dimana perusahan harus ber-inovasi agar tidak tertinggal karena semakin cepatnya perubahan. dalam case ini tak luput bank confessional harus juga harus ber-inovasi dengan meluncurkan “digital banking”. Bank BTPN adalah pioneer  yang menerapkan digital banking di indonesia. dan jenius adalah divisi untuk digital banking nya bank BTPN. Jenius cukup pintar karena dia bisa membaca lebih awal akan industri digital yang semakin berkembang saat ini.

Awal 2018, tepatnya bulan february saya di kenalkan sama rekan kos untuk mencoba aplikasi jenius. Pertama mendengar agak asing namanya, karena tidak ada embel-embel nama perbankan sama sekali. sampai akhirnya teman saya mendapatkan fisik kartu nya dan dia cerita kalau jenius itu banyak benefit nya dan sangat cocok untuk anak muda melenial.

disclaimer: tulisan ini, saya tidak di bayar sepeserpun oleh team jenius. tulisan ini pure dari inisiatif saya pribadai.

so apa saja kelebihan memakai jenius dan apa saja kekurangannya?

  1. Bebas biaya tarik tunai ATM apa saja.
    yap, anda tidak salah dengar, jenius memang menerapkan bebas fee tarik tunai di ATM apapun yang berlogo ATM bersama dan prima. tetapi per awal tahun 2019 jenius menerapkan kebijakan baru mengenai free tarik tunai ini. dulu ketika awal jenius berdiri sampai akhir 2018 jenius menerapkan free tarik tunai sampai 25x dalam 1 bulan dan 25x free tranfer anter bank. sampai pada akhirnya awal 2019 jenius merubah kebijakannnya menjadi beberapa level. Basic, Smart & Jenius. tetntunya ada syarat yang harus dipenuhi yaitu jumlah saldo minumum dalam rata-rata sebulan.
  2. Bisa melakukan pembayaran online apa saja.
    salah satu hal yang saya suka dengan jenius adalah fitur ini, karena kita bisa melakukan transaksi layanknya kartu kredit. yes benar sekali karena jenius di lengkapi dengan fitur 3D Secure dan memiliki vitur VISA PayWave, artinya ketika di public transportation/mall anda bisa memaki kartu tersebut untuk membayar dengan Tap-Tap saja. dan di jakarta juga bisa buat bayar MRT. ngomong-ngomong langganan Spotify saya juga memakai fitur tersebut.
  3. Pure Digital banking and fully control by yourself.
    the thing that i dont like confessional bank is “antri”. yap, tak semua orang memiliki waktu yang banyak untuk antri hanya sekedar mengurus hal-hal sepele kan? dengan adanya jenius semuanya itu seamless tanpa campur tangan cs/teller. yang berarti kapan saja anda request akan langsung di proses system.
  4. Bebas biaya Tranfer ke bank apa saja.
    fitur ini juga sangat membantu karena kita di berikan 25x free tranfer ke bank lain dengan minimal saldo 10jt atau 15x dengan saldo minimal 1jt. tentunya ini sangat membantu karena di bank lain semunya ada charge untuk tranfer beda bank.
  5. Kita bisa memiliki 3 Tambahan kartu jadi total ada 4 kartu yang kita miliki.
    fitur tak kalah keren adalah X-Card di card center. jadi anda bisa request 3 additional card untuk 1 akun jenius dan 1 virtual card. jadi nanti anda bisa mengelompokkan kartu-kartu tersebut untuk kebuthan sehari-hari, misal kartu 1 untuk Daily Use, kartu 2 untuk keperluan belanja online, kartu 3 untuk keperluan pasangan/orang tua. semuanya anda bisa mengontrolnya langsung. dan bisa ditarik kapan saja. dan itu semua berjalan seamless.
  6. Ada fitur saving mode!
    okay fitur ini juga tak kalah keren karena tak lengkap klau bank tidak ada fitur saving kan? nah jenius menjawab itu dengan menghadirkan fitur savig. ada 3 tabungan yang bisa anda pilih.
    1. Flexi Saver: jadi anda bisa menabung kapan saja dan bisa mengambil nya kapan saja pula.
    2. Dream Saver: fitur tabungan berjangka untuk membantu impian ada memiliki barang tertentu misalnya. seperti kamera. anda bisa memilih berapa lama anda akan saving di sana.
    3. Maxi Saver: fitur ini seperti deposito karena anda minimal bisa saving disana dengn nominal 10jt minimal 1 bulan.
    dan masing-masing saving mode itu memiliki bunga inimal 5% dalam satu tahun.
  7. Banyak Promo!
    setiap bank pasti menawarkan promo kan. ndah jenius tak mau kalah bahkan promonya itu setiap hari ada. untuk lebih detail mengenai promo nya anda bisa langsug saja mengunjungi website jenius untuk mendapatkan promo terupdate!

perlu diingat tak semua product itu sempurna. ada beberapa hal yang saya complain mengenai jenius ini. salah satunya adalah kurang stabil nya server jenius, karena di jam-jam sibuk server terkadang down. mungkin ini yang jadi kekurangan jenius saat ini. semoga kedepannya engineer team bisa cepat solved kan issue tersebut.

Dan berikut dibawah ini saya lampirkan screenshot dari fitur apa saja yang ada di jenius!

Sekian review singkat dari saya untuk product jenius.
semoga tulisan ini membantu anda jika masih bingung mengenai jenius.