Review Action Camera Yi 4K, Si Kecil Yang Tangguh, GoPro Hero 5 Killer

yi4k-closeup-670x428

Semenjak kedatangannya di ranah kamera action, Xiaomi Yi mulai merusak dominansi GoPro, setidaknya untuk pasar asia. Yi4K memberi fitur selayaknya goPro hero 5 Black tapi dengan harga yang jauh lebih murah. Well, setidaknya saya sudah memakai kamera ini lebih dari 2 tahun, dan baru berkesampean untuk me-review nya sekarang.

Xiaomi Yi di asia di juluki GoPro murah dari cina, karena apa yang ditawarkan memang selayaknya GoPro tetapi dengan harga yang bersahabat. untuk seri pertamanya aja Yi Action Cam sudah mulai merusak ketenangan GoPro, dan sekarang Yi4K datang jelas bakal merusak dominansi GoPro, sejatinya ini camera yang sudah lama tapi tidak ada salahnya untuk memberi review daripada tidak sama sekali hehehe.

Okay untuk Specs lengkap bisa langsung berkunjung disini, sebenernya kalau di compare head to head dengan GoPro ada keunggulan masing-masing, dan ada kekurangan masing-masing. berikut comparasi sederhana nya:
Pros:
-Battery Yi4K jauh lebih lama daripda GoPro
-User Interface yang lebih mudah
-Image Stabilizer (EIS)
-Wifi 5GHz
-Raw & Flat Profile
Cons:
-Aplikasi Mobile tidak se-powerfull GoPro
-Dukungan aksesoris yang tidak sebanyak GoPro

-Design

makeuseof.com

Dari sisi Design tidak kelihatan kalau GoPro Copy kalau dari depan, karena memang tidak ada layar monochrome seperti yang ada di GoPro, tetapi kalau dari bagian belakang sih tidak ada yang kelihatan istimewa, yang membedakan hanya user interface saja, lebih simple.

-Image / Video Quality

oh iya untuk image Quality sih so far puas mengingat dengan harga segitu dan focal lengh yang fixed, aperture fixed ya sangat wajar. tapi yang saya sayangkan tidak ada fitur HDR di still image. untuk detail sample gambar bisa cek langsung di menu gallery ya!
YDXJ0228fix

 

-Connectivity

Dari sisi koneksi, Yi4K memakai jaringan wifi 2.4GHz, 5GHz & Bluetooth, sedangkan untuk koneksi fisik Yi4K hanya ada 2 port, yang pertama Mini HDMI dan MicroUSB, tentunya absennya jack audio 3.5mm :( so sad tidak bisa memakai mic external.

makeuseof.com

 

-Additional Feature

Untuk fitur tabahan ini sebenernya tidak begitu essensial tapi lumayan berguna, seperti adanya bluetooth untuk remote shutter, kemudian fitur video lapse, selebih dari itu tidak ada fitur yang menarik. oh iya hampir lupa, sekarang Yi4K sudah suport Voice Commander seperti GoPro, jadi kalau mau merintah-merintah cukup pake fitur itu. tapi saratnya harus di update ke firmware terbaru ya. Fyi, untuk Camera ini bisa kita setting / custom bitrate sampai 200Mb/s.

makeuseof.com

 

-Battery Life

Move on ke Battray life ini yang sangat saya suka karena memang battray nya sedikit lebih besar daripada GoPro, setidaknya untuk video 4K bisa sampai 1.45 menit. which is very good, tentunya kalau kita lagi berada di luar ruangan jauh dari listrik untuk recharge.

makeuseof.com

 

-Verdict

Kesimpulan dari pemakian untuk kegiatan outdoor camera yang satu ini masih sangat layak untuk diajak bermain di hardcore sekaligus. dan berikut sample video menggunakan Yi4K, tentunya sudah di color grading sedikit ya.

Sekian review singkat nya!