Nyasar di Stone Garden dan Gua Pawon, Bandung Barat

Goa Pawon Bandung

Bandung memang menyimpan banyak keindahan wisata alam, salah satunya adalah di wilayah bandung barat yang cukup luwas areanya. Stone garden & Gua Pawon adalah bagian terkecil object wisata di area bandung barat.
setelah sekian lama merencanakan untuk main ke stone garden, akhirnya punya kesempatan juga untuk main kesini, meski hanya seorang diri.

Karena lokasi stone garden lumayan jauh dari kos, perjalanan kelokasi saya tempuh memakai KRD (kereta lokal bandung) yang jalurnya hanya sebatas bolak-balik dari Cicalengka – Padelarang. kereta tersebut terjadwal setiap satu jam sekali, meski harus mengalah jika ada kereta jarak jauh yang ada issue. sudah hal wajar disini jika KRD selalu Delay!.

STONE GARDEN.

seperti namanya yang berarti Taman Batu disini hanya pemandangan batu-batu yang berserakan di puncak bukit. tetapi uniknya adalah disini juga terdapat fosil binatang laut, padahal lokasinya ada di ketinggian 700+ MaSL.
dari atas puncak hanya terdapat pemandangan bebatuan berserakan dan disebelah barat adalah penambangan batu yang sangat massive kerusakannya. sangat ironic karena dilain sisi adalah tempat wisata alam disisi lain pemandangan perusakan alam. :(

Untuk tiketnya sendiri masih tergolong murah meski disetiap object diharuskan membayar kembali. setiap object harganya 5K, dan berikut rinciannya.

Tiket Stone Garden: 5K
Tiket Area Puncak (foto di hammock): 5K
Tiket Goa Pawon: 5K

total pada bulan february 2018 ada 3 object yang harus bayar.

Akses Jalan, menurut saya akses jalan kelokasi stone garden masih terbilang cukup susah kalau kita memakai kendaraan umum, dilain sisi dari jalan raya akan masuk kelokasi juga belum jalan aspal kurang lebih 1.5K hanya jalan bebatuan, dimana jika ada hujan pasti akan becek sekali.

sebenarnya ada angkutan umum yang menuju arah kelokasi dari stasiun padelarang, cuma frequensi nya lama dan cenderung full load sama ibu-ibu yang pulang dari pasar, jika ingin nyaman saran saya memakai angkutan online. sedangkan untuk pulangnya bisa memakai angkot.

GUA PAWON.

Gua Pawon adalah sebuah gua alami dan situs purbakala yang terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, atau sekitar 25 km arah barat Kota Bandung. Merupakan sebuah tempat yang penting bagi orang Sunda karena di sanalah tempat berkumpulnya sesepuh Sunda yang sekarang menduduki bagian barat pulau Jawa. Di sana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang konon adalah nenek moyang orang Sunda (masih diteliti di balai Arkeolog Bandung) –wikipedia.

Sebenarnya gua ini cukup bagus dan menarik karena texture gua yang sangat khas dan terdapat suara kelalawar, tapi yang sangat disayangkan adalah vandalisme yang membuat gua tidak tampak seperti alami & penerangan yang sangat kurang, pada siang haripun lokasi didalam sangat gelap dan bau kotoran kelalawar yang sangat menyengat, meski tidak sebau kotoran ayam :) hahaha.

Masuk terus kelokasi gua terdapat semacam hutan kecil ditumbuji pohon yang lumayan cukup besar, darisini pemandangan cukup bagus ada dinding gua dan pohon besar. terdapat juga fosil manusia purba beserta benda-benda peninggalan, cuma saya tidak sempat mem-foto fosil tersebut karena ada sesuatu.

Dinding doa yang solid. batuan yang ada di gua pawon sangatlah solid dan cukup bagus jika dibuat rock climbing, warna bebatuan disini juga unik ada semacam warna orange dan kuning. jika berkunjung kesini siap-siap untuk tidak ada signal karena lokasi nya yang lumayan jauh dari tower BTS Optator.

Grombolang Monyet. meski lokasi sudah rusak karena penambangan bebatuan yang ada di stone garden, monyet disini masih tergolong lumayan banyak. baik di stone garden dan gua pawon saya masih menemui grombolan monyet yang membawa anaknya.

Narsis juga di frame!. resiko solo travelling adalah tidak ada yang fotoin kecuali tripod dan orang lain, itupun kalau bertemu orang :p .