Mini Trip ke Pantai Tanjung Karang, Donggala dan Main Air ke Kolam Pusat Laut

DSCF7363_small

Minggu. 9 December 2018,  saya dan teman-teman kerja memutuskan untuk mini trip ke pantai donggala yang dulunya juga terkena terjangan tsunami meski tidak se-massive seperti di pantai kota palu, tetapi juga banyak korban  di area tersebut. singkat cerita donggala adalah kota paling ujung di palu. tetapi donggala jumlah penduduknya lebih sedikit, mungkin hanya seper-lima dari kota palu . donggala adalah kota kecil yang terletak diujung teluk palu. jarak donggala dengan kota palu sekitar 30km dapat ditempuh sekutar 1jam atau kalau lancar skitar 30menit dengan mobil.

Perjalanan ke donggala kami tempuh dengan menggunakan mobil, kebetulan saya kesana dengan rekan kerja yang ada di palu, jumlah kami tidak banyak hanya ber-lima. Kamal, Miftar, Nandar, Rahman, sebenarnya ada satu lagi, namanya al akbar tetapi dia tidak ikut, dia lebih mementingkan pertandingan PSM makassar melawan Persija daripada hasus ikut dengan kami.

beach_small-1

Kesan pertama saya berkunjung ke Donggala “Awesome!” sekaligus tragis karena banyak rumah-rumah terterjang tsunami, terutama di pinggir pantai. sumpah pantai donggala airnya sangatlah bersih sekali meski tidak sepnuhnya bersih. sampahnya hanya batang pohon yang sudah rapuh, so far kemarin tidak menemukan sampah pastik disana, mungkin karena kesadaran warga disana tinggi akan kebersihan pantai,

Karena saya sampai di pantai donggala “Tanjung Karang” terlalu siang, maka saya dan teman-teman memutuskan untuk pergi ke wilayah donggala lain yang terkenal akan sumur pantai atau “Pusat Laut”, disana terdapat wisata seperti sumur alami yang terletak di pinggir pantai dan tentunya tingkat kadar garam disana cukup tinggi mungkin 2-3 kali lipat, karena ketika saya lompat dan tidak sengaja meminum airnya, well, ASIN banget. sumpah. karena saking penasarannnya saya coba untuk berbaring di air dan ternyata langsung bisa terapung.

Karena wilayahnya yang tiak terlalu jauh dari bibir pantai saya langsung mencoba untuk ke pnatainya dan langsung berenang di laut lepas, ternyata benar tingkat ke-asinan air yang ada sumur itu jauh lebih asin daripada di pantai.

beach_small_Tanjung_karang-1

Agak menyesal, karena saya disana tidak memaki tripod dan perlengkapan yang cocok untuk landscape. meski begitu saya tidak membuang waktu untuk ambil gambar apa adanya dengan perlengkapan kamera biasa, akan lebih baik lagi kalau saya dapat sunset disana, tetapi kerena akses untuk area tersebut bisa dibilang terisolir maka kami takut untuk kemalaman disana, karena disana aksesnya lumayan susah dan dijalan tidak ada lampu penerangan. dari jalan utama sekitar 5km, cukup jauh untuk jalan yang tidak rapi.

but next time, akan kesana dengan persiapan yang lebih matang lagi, karena sunset disana cukup bagus setelah lihat review dari internet. see you pantai donggala. i’ll be back