Haruskah Sistem Pendidikan di Indonesia Diubah?

sistem pendidikan

Pendidikan adalah pilar terbentuknya negara yang maju, tangguh & mandiri. kalau dari pendidikan saja masih tertinggal, mustahil bisa jadi negara maju. maka dari itu mengapa pendidikan itu sangat penting sekali.

Disclaimer
Sebelum membaca lebih lanjut, perlu saya jelaskan dulu, artikel ini adalah murni pendapat saya mengenai sistem edukasi di Indonesia. saya bukan praktisi apalagi pakar, tapi disini saya mau berbagi menurut perspective saya. 

Pernahkan anda berfikir mengenai sistem pendidikan yang ada di negara tercinta kita?, pendidikan di indonesia menurut saya kurang bagus, dan harus banyak di perbaiki atau di rombak ulang, kenapa?

Berikut adalah beberapa point yang menurut saya harus dirubah atau diperbaiki dari sistem pendidikan di Indoensia:

1. UN/UNBK (ujian kelulusan) sudah tidak relevant lagi.
sejumlah-siswa-sman-1-kabupaten-puncak-papua-mengerjakan-soal-_120416170159-435
mengapa demikian? karena menurut saya penyetaraan ujian sangatlah tidak fair, mengingat tidak semua sekolah-sekolah di indonesia mendapatkan materi, fasilitas sekolah yang sama. coba kita bandingkan dengan sekolah yang berada di perbatasan, tentu disana pendidikannya sangatlah berbeda jauh dengan yang ada di pulau jawa. UN juga setiap tahun terdapat cheating / kecurangan, kebocoran kunci jawaban udah jadi hal biasa. membeli kunci jawaban bisa di temui di setiap kota. memang dengan adanya UN kita mendapatkan nilai ukur seberapa baguskah murid-murid atau sekolah-sekolah. tetapi cara seperti itu tidak tepat. masih ada cara lain yang lebih fair.

2. Tenaga pengajar yang Professional
guru-profesional-e1491578779734

Pengajar yang baik tentu akan melahirkan pula murid yang terbaik. oleh karena itu tenaga pengajar yang professional sangatlah penting untuk memajukan pendidikan di negara kita. Pengajar yang bukan hanya paham akan teori-teori saja, tetapi pengajar yang bisa dalam ilmu prakteknya. kebanyakan guru-guru hanya mengajarkan teori tanpa ada nya praktek atau studi kasus langsung. ini adalah perbedaan yang sangat kentara antara pendidikan indonesia dibandingkan dengan dinegara barat.

3. Standarisasi Gaji Pengajar


Pernah mendengar profesi apa yang masih belum merdeka soal gaji? ya, salah satunya adalah profesi guru.
banyak teman-teman diluar sana yang masih mendapatkan gaji yang amat kecil. dibawah 1jt perbulan, tentunya uang 1jt perbulan di zaman sekarang tidak bisa mencukupi kebutuhan. dengan gaji sekecil itu bagi guru-guru dengan status honorer sangatlah tersakiti. semoga pemerintah mulai membuka mata mengenai hal tersebut dan lebih menghargai guru.

4. Memberi buku-buku yang lebih modern ke sekolah-sekolah

Membaca adalah salah satu hal yang sangat penting dalam pendidikan, karena dimulai dari membaca kita faham sesuatu. dalam context ini, buku sangatlah penting terutama buku-buka yang lebih modern agar murid-murid bisa mengerti pengetahuan zaman sekarang karena membaca adalah jendela untuk melihat dunia baru.

5. Merombak Ulang Sistem yang ada di SMP, Menjadi SMP Kejuruan.

Tentunya kita sudah biasa mendengar SMK (sekolah mmenengah kejuruan), tetapi tidak dengan SMP kejuruan kan? menurut saya mulai dari SMP lah kita sudah diarahkan untuk untuk mendalami apa yang kita inginkan. kita semua tahu bahwa tidak ada manusia yang pandai akan semua bidang ilmu. tentu hal tersebut bisa diperbaiki dengan sistem pendidikan kejuruan dari dini melalui hal tersebut.

6. Perbanyak Praktek di LAB.

f_14335_lab

Teori tanpa praktek tentunya tidak lengkap. maka dari itu perlunya memberikan praktek dilapangan langsung agar siswa-siswa mengerti apa yang selama ini diajarkan di kelas. umumnya siswa lebih mudah mengerti praktek langsung dilapangan dibandung hanya teori saja.

7. Merubah Jam Belajar & Menghapus Sistem PR

di Indonesia rasanya yang namanya sistem PR sepertinya sudah menjadi hal wajib jika di sekolah. jam belajar pula hampir sama, fixed seperti itu jam 7 pagi sampai jam 3-4 sore. tentu jika jam sepanjang itu di tambah dengan adanya sistem PR, justru akan memberatkan  pesikis murid, murid akan kehilangan waktu untuk bermain.
Finlandia adalah negera dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, tetapi yang untik disana adalah waktu belajar hanya 3-4 jam saja dan disana tidak ada sistem PR.
PR adalah sitem yang primitif dan tidak efisian untuk saat ini. tentu Indonesia tidak sepenuhnya bisa mencontek sistem pendidikan di Finlandia karena itu ditentukan bebrapa faktor salah satunya adalah SDM (semanagat belajar murid itu sendiri). tapi setidaknya kita bisa mengambil beberapa metode.

Merubah sistem pendidikan memang sangatlah sinsitif pasti penuh pro dan kontra, buruh waktu lumayan lama. setidaknya perlu 5 tahun untuk berjalan lancar.

Semoga pendidikan di Indoensia akan selalu membaik setiap tahunnya. Aamiin :)