My First Race 21K

wp-1501582254516..jpg

July 30th 2017, Pocari Bandung Marathon adalah event resmi pertama yang saya ikuti semenjak tahun 2014 silam, yang sebelumnya lebih suka lari independent dengan teman-teman karena belum sempat mengikuti race resmi karena something, you know lah, what is the reason, anak kos.

Jadi ceritanya semenjak lulus kuliah banyak sekali event lari trail yang ingin saya ikuti tapi terkena waktu jadi tidak bisa ikut, Pada akhirnya menemukan event lari yang tidak jauh dari tempat domisili saat ini, Pocari Bandung Marathon adalah event pertama saya, dan saya memutuskan untuk mengambil yang class HM, pada awalnya ingin ambil yang class FM, karena sadar diri akhirnya memutuskan yang class dibawah nya saja.

Rencananya dodik irfanto (teman campus sekaligus rekan kerja) sebagai PACER di class HM. eh ternyata pas menjelang hari H si dodik sakit. So harus lari sendirian tanpa pacer dodik. Sempat agak down ketika melihat email ternyata COT nya 2 jam 30 menit untuk class HM. apa?? Ndk salah? Syukurlah setelah saya tanya ke rekan2 ternyata COT nya 4 jam untuk HM.

Jam setengah 5 subuh saya sudah ada di lokasi gedung sate. Ternyata disana sudah rame sekali dengan pelari berbaju biru, iya iya lah namanya juga pocari. Disana saya bertemu dengan rekan saya dari solo runners, namanya mas Wa-One, ternyata dia ambil class HM juga. Jadi semangat untuk lari kali ini.

Pukul 5.45 peluit start class HM dimulai, rameeee polll. Lari sambil nabrak nabrak runner lain. Ternyata saya salah strategy. Harusnya diawal jangan pakai pace 5″. Cukuplah pake pace 6″ saja. Mengingat saya hanya pelari hore saja hehehe.

Injury. Ketakutan saya terjadi, kaki saya mulai kerasa sakit di kilometer 14, dan di kilometer 16 sakitnya mulai lumayan parah. Kaki kanan kiri di area atas lutut cramm… Dan ketika di kilometer 19 full cramm.. Akhirnya 2 kilometer terkahir memutuskan untuk jalan kaki sampai finish.

Finished. Akhirnya perjuangan saya terbayar sudah dengan durasi 2.39 menit. Finish sih tapi dengan kaki cramm dan dengan waktu yang mengecewakan. Karena target waktu dibawah 2.30 menit.

Sekilas mengenai events bandung marathon. Water stations lumayan banyak hampir setiap 3 kilometer ada WS. tapi untuk buah buahan nya terasa kurang banyak. Dan perlu nya menambah air dingin dengan busa di setiap 5 kilometer untuk mendinginkan leher yang panas… Terdapat juga tempat untuk refleksi kaki dengan batu kerikil dan pasir, lumayan lah untuk memanjakan kaki after lari.

Next time di event selanjutnya saya janji akan ambil class FM 42K.