Mini Trip ke Geo Park Ciletuh, Sukabumi

Cimarinjung Waterfall

Bertepat pada August, 16-2017 kita menuju ke Sukabumi, tepatnya di Ciletuh. Sebenarnya Objects wisata ini sudah lama adanya karena akses menuju ke lokasi cenderung susah jadi belum begitu populer seperti pantai pelabuhan ratu atau pangandaran, baru sekitar tahun 2016 objects geopark mulai terkenal karena akses jalan yang sudah bagus dan promosi dari social media.

IMG_20170817_083430_HDR

Geopark Ciletuh ini sekitar 60 kilometer dari kota Sukabumi dengan jalan yang menanjak dan berliku-liku terutama dari pelabuhan ratu menuju lokasi, disepanjang jalan akan menemukan kebun teh yang sangat indah. dari kebun teh tersebut mulailah perjalanan dengan turunan sampai ke pantai ciletuh tentunya jalan yang di tempuh sudah tidak jelek lagi seperti pada tahun 2015 silam.

2017-09-02_9-54-05

Kamis Pagi tepatnya pada Independence Day tanggal 17 agustus pukul 7 pagi sampailah di penginapan, lumayan nyaman lokasi penginapannya dengan sumber air bersih dan tidak terlalu panas seperti pantai yang ada di pantai utara. tidak ada yang special unless beautiful Landscape, berhubung wisata bersama rombongan kantor, saya tidak bisa bebas hunting ke lokasi yang saya inginkan, you know lah kalau ikut agent tour ya begini, tidak bisa bebas kemana-mana.

YDXJ0352

pada awalnya ada 4 lokasi yang akan kami kunjungi di Geopark Ciletuh, satu pantai dan tiga diantaranya waterfall, Ciletuh memang melih terkenal dangan waterfall nya daipada pantinya sendiri, bukan berarti pantinya jelak tetapi karena pasirnya bukan pasir putih melainkan pasir hitam meski lumayan cukup bersih air disanan. untuk hunting landscape panti, spot yang paling bagus adalah dari puncak darma, puncak darma dengan elevation 100 meter dari atas sana pemandangan pantai akan lebih jelas lagi apalagi ketika waktu sunset. sayangnya saya tidak kesampaian dipuncak darma :(

IMG_20170817_152846_HDR

Curug Palangpang adalah destinasi pertama sesampainya disana, cukup bersih juga air yang berada disana. tetapi debit airnya tidak terlalu besar karena ketika kami kesana pada musim kemarau. Curug palangpang adalah curug yang paling dekat dari bibir pantai, bahkan dari pantai curug tersebut cukup jelas. ketinggian curug palangpang sekitar 20 meter.

YDXJ0252

Curug Cimarinjung adalah curug yang paling tinggi di area GeoPark Ciletuh. tingginya sekitar 30 meter, debit air yang mengalir juga lumayan besar, lebih besar dari curug yang lainnnya, air yang mengalir juga yang paling bersih karena posisi nya paling atas sendiri. jika menuju ke curug tersebuh memang lumayan jauh sekitar 4 kilometer dari pantai. tetapi sesampainya disana akan terbayarkan semua karena pemandangan disana cukup indah. disana anda juga bebas bermain air, masih diarea tersebut juga terdapat curug sodong yang lokasinya berada dibawah curug cimarinjung.

YDXJ0362

Pantai Ciletuh, seperti pantai pada umumnya yang berada di teluk, ombak tidak terlalu besar dan cukup bersih juga. dipantai tidak ada huburan seperti banana boat atau permainan semacam nya, anda akan menemukan Quite Beach, angin semilir udara bersih tanpa ada gangguan dari orang menjual jajanan karena disana benar-benar sepi malah hampir bisa dikatakan tidak seperti object wisata karena tergolong sepi, suasanya tersebut pasti digemari Travel Blogger atau Photographer.

Meski tulisan ini out of date dari actual travelling tapi setidaknya terlambat daripada tidak sama sekali.
Geo Park terkenal dengan Pantai yang sepi dan sunyi, Sekian