Memanfaatkan Layanan Cloud Storage untuk Menyimpan Foto/Files

Cloud-Storage

Di Era technology saat ini menyimpan file photos di HardDrive lokal rasanya tidak cukup, menginat laptop saat ini khususnya ultra book menawarkan SSD dengan ukurannya kecil, tidak lucu kalau kemana-mana membawa HDD External :) , bersyukur kalau laptop anda menyediakan space untuk upgarde, jika tidak teman terbaik adalah menggunakan layanan Cloud Storage.

Technology Cloud sesungguhnya sangat membantu kita untuk menghemat space HDD, khususnya yang memiliki mobilitas tinggi seperti: content creator dan Freelancer Video/Photos.

Flickr Wawan Adie

Ada beberapa Layanan yang bisa untuk menyimpan Foto dengan GRATIS (menurut pengalaman saya).

  1. Flickr.
    Flickr untuk saat ini menjadi andalan saya untuk backup foto karena menawarkan Space 1TB, Yes. that’s a HUGE space for me. layanan Flickr saya gunakan untuk upload foto dari hasil huntung, setidaknya saat ini sangat membantu menghemat space HDD saya.
  2. pCloud
    Untuk pCloud Sendiri biasanya saya gunakan untuk menyimpan file-file pribadi seperti kerjaan dan file penting lainnya, pCloud juga cocok untuk menyimpan foto karena bisa sync secara otomatis dan bisa per folder berbeda dengan Flickr karena Flicker tidak bisa upload folder, jika anda memiliki uang lebih bisa membeli life time storage 2TB dengan harga yang cukup murah $250 untuk 99 years.
  3. MEGA
    untuk mega sendiri adalah layanan cloud dengan mengedepankan keamanan, dan anda sudah bisa mendapakan 50GB free, tetapi yang tidak saya suka dengan MEGA adalah waktu upload dan download via Web kurang nyaman, anda dibawa ke menu caching dari web browser, tidak direct download, but it’s depend you.
  4. Google Photos
    Menawarkan unlimited upload photos dan videos but ada point yang harus dibayar semua foto videos yang anda upload akan di compress, compress yang diterakpan memang megapixcel masih sama tetapi untuk kualitas gambar bisa turun 50-60%, maka dari itu saya hanya memaki google photos untuk foto dari ponsel saja, untuk foto dari Camera Mirrorless saya tetap prefer ke Flickr.

Yang pasti masih banyak layanan cloud yang bisa dicoba selain 4 point diatas seperti: Dropbox, Google Drive, Box or OneDrive. tentunnya masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kenapa layanan Cloud begitu penting? sebenarnya bisa dibilang penting bisa tidak, tergantung anda memiliki data penting atau tidak, jika anda memiliki data penting dan harus dibuka suatu saat, kapanpun dan dimanapun maka ada sangat membutuhkan layanan Cloud.

jika hal yang lebih parah terjadi semisal laptop anda hilang atau HDD rusak, tentunya anda tidak bisa menyelamatkan data anda. maka dari itu untuk prevent hal tersebut ada baiknya mulai sekarang migrasi menggunakan cloud storage.