Bermain Air di Telaga Nilem & Remis Kuningan

IMG_20170415_105036_HDR

Telaga Remis adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Talaga Remis merupakan sebuah danau yang terletak di kaki gunung Ciremai tepatnya di Desa Kaduela, Kuningan, Kecamatan Mandirancan, berjarak ±37 km dari pusat kota Kuningan. Tidak jauh dari telaga remis terdapat juga telaga Nilem, tetapi lebih kecil naum airnya sangat jernih.

Nama Talaga Remis mempunyai arti tersendiri, nama talaga diambil dari kata telaga dalam bahasa Sunda, dan remis tersebut diambil dari binatang sejenis kerang bewarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga, binatang tersebut dikenal dengan sebutan remis. Telaga ini mempunyai ciri khas tersendri, dengan air yang jernih dan dingin. di dalam telaga tersebut terdapat banyak remis (sejenis kerang air tawar). dan remis ini juga sebagai sumber protein yang sangat baik. karena dapat diolah menjadi makanan dan besar sekali manfaatnya bagi kesehatan (wikipedia).

mtf_FXOzF_180.jpg

Untuk Nama Telaga Nilem sendiri tidak saya temukan dari sumber Internet, mungkin karena telaga ini masih baru dan lebih populer telaga remis. Informasi yang saya dapat dari warga sekitar (penjual jajanan di telaga). dulunya telaga ini bukan berbentuk telaga namun hanya kubangan air yang terjebak di kontur V, dari tahun ketahun air tersebut menciptakan laguna yang dihuni ikan kecil. dari dasar telaga Nileam terdapat bebatuan yang sangat tajam sedangakan untuk kedalaman telaga hanya sekitar 2-3 meter.

YDXJ0135-01

Harus Hati-hati jika anda adalah pengunjung baru ke telaga nilem. 

karena disana banyak bebatuan tajam dan bentuk tak beraturan, baik di lokasi dangkal dan dalam. batu tersebut tersebar ada dimana-mana, mengingat dulunya adalah kubangan air yang terjebak di lereng tebing batu. saya sendiri menjadi korban telaga nilem ini, kaki saya berdarah luamyan banyak karena terbentur batu yang tajam. informasi yang saya dapat dari penjual gorengan, hampir setiap hari selalu ada pengunjung yang berdarah karena terbentur batu :( . Namun anehnya kenapa tidak ada papan peringatan mengenai batu yang tajam tersebut, semoga kedepannya untuk papan peringatan dipasang.

Tiket masuk. untuk tiket masuknya sendiri lumayan agak mahal menurut saya, 15.000,- baik telaga nilem dan telaga remis. dikarenakan fasilitas dan sarana prasarana disana kurang menurut saya. tidak adanya papan peringatan yang jelas mengenai bahaya batu tajam.

Terdapat ikan kecil di telaga nilem, 

seperti ikan “wader” dan ikan jenis lainnya karena saya tidak tahu nama ikan tersebut. luamyan menjadi hiburan ketika sedang menyelam kedalam. tetapi akan lebih baik lagi jika ada tempat penyewaan alat snorkeling, jadi akan lebih jelas ketika menyelam kedalam.

Sedangkan untuk telaga remis lebih ke object wisata kunjungan saja, meski juga bisa berenang dangan ikan yang jauh lebih besar seperti ikan khoi. tetapi untuk airnya sendiri kurang begitu jernih jika dibandungkan dengan telaga nilem. Area yang dapat untuk berenang hanya setengahnya saja dari ukuran telaga remis.

Bermain dengan Anak Kecil desa

Y0010021-01

Berikut cerita singkat saya “Mbolang” ke kuningan, Jawa Barat. selama 2 hari. semoga kedepannya diberi kesempatan untuk Mbolang lebih lama dan jauh lagi. :)