​Perlunya Pendidikan dan Kesadaran Buang Sampah

37548_09210118102015_sampah.jpg

Jujur saya sangat kecewa pada masyarakat Indonesia yang tidak memiliki kesadaran akan buang sampah yang benar. Hampir semua orang yang saya lihat dijalan buang sampah sembarangan. Mulai dari yang ekonomi bawah sampai atas, seperti kemarin saya melihat orang yang memakai mobil mewah (harusnya memiliki pandangan yang benar cara buang sampah)  tapi nyata tidak, mereka membuang sampah sembarangan di tengah jalan. 

Bukan nya saya mendeskriminasikan kebanyakan warga indonesia, tapi kenyataannya memang seperti ini. Indonesia sangat memerlukan pendidikan karakter, jikalau kondisi ini dibiarkan terlarut lama akan berdampak buruk bagi Indonesia. 

Coba sekarang lihat bagaimana kondisi kota yang ada di Indonesia dengan kota yang ada diluar negri, ambil saja contoh Singapura dan Sydney. Disana kebersihan kota sangat terjaga, dikarenakan memang karena kebanyakan masyarakat nya menyadari akan kebersihan lingkungan dan diimbangi dengan fasilitas yang memadai. 

Kemudian apa yang harus dibenahi di Indonesia? Baik, kita akan membicarakan berbagai lini aspek agar kebersihan Indonesia bisa terjaga.

1. Pendidikan usia dini

Poin yang paling penting adalah perlunya pendidikan sedari usia dini, ini sangat penting karena ini awal dari karakter yang baik adalah dari dini, yang sangat berperan disini adalah orang tua dan pendidikan di sekolah,  sebagai orang tua yang baik, kita harus mengajarkan bagaimana membuang sampah yang benar, agar kelak anak tersebut ketika tumbuh dewasa paham akan Management sampah yang benar. 

2. Pola pikir harus dirubah 

Poin yang tak kalah penting adalah mind-set atau pola pikir, kita harus menanamkan pola pikir bahwa ketika kita membuang sampah sembarangan akan berdampak sangat buruk bagi semua aspek, dan ujungnya akan berakhir kepada kita sendiri, contohnya yang sangat sederhana adalah buang sampah sembarangan =banjir, sanitasi air jadi buruk dan masih banyak lagi. 

3. Punishment harus dipertegas. 

Hukuman harus dipertegas, iya hukum bagi orang yang membuang sampah sembarangan harus diberatkan,  mengingat sangat banyak warga indonesia yang melanggar, pemerintah harus memberikan hukuman yang berat atau denda yang lumayan berat agar warga indonesia takut untuk membuang sampah sembarangan. Kontroversial memang, mengingat kebanyakan di Indonesia masih banyak orang dengan ekonomi lemah, tetapi ini bukan menjadi alasan untuk meniadakan punishment ini kan. 

4. Harus diimbangi fasilitas yang memadai. 

Apa jadinya ketika semua aspek diatas sudah terpenuhi tetapi fasilitas tempat sampah sangat minim? Pada akhirnya masyarakat kembali membuang sampah sembarangan kembali, so yang harus dilakukan pemerintah memberikan fasilitas tempat sampah ke semua penjuru, mulai dari tempat wisata, jalan-jalan di kota,  dibkampung, sekolah, kampus, etc. Karena saya pernah menemani warga yang buang sampah sembarangan dan ketika saya tanya, mas kenapa buang sampah sembarangan?, dan beliau menjawab “karena tidak ada tempat sampah disini,  ya saya buang sampah aja disini”.  

Sangat ironic memang ketika masyarakat Indonesia masih berpersepsi seperti itu. Sekarang apa sulit nya menyimpan sampah kita,  kemudian dibuang ketika kita melihat tempat sampah. I think that’s not too difficult

5. Edukasi soal macam macam sampah

Sebagai masyarakat yang baik kita harus mengetahui juga typical sampah yang ada. Sederhana nya sampah terbagi menjadi 2 type, yaitu :

  • ORGANIK 

dari katanya saja kita bisa mengerti bahwa organik adalah type sampah yang dapat diolah kembali dan tidak membahayakan, contohnya adalah sampah hasil dari makanan, kulit pisang, daun, ranting,kotoran mahluk hidup,  etc. Sampah organik bisa kita recycle di kemudian hari untuk dimanfaatkan.

 

  • NOT ORGANIK

Adalah sampah yang tidak ramah lingkungan(berbahaya)  dan cenderung susah diurai. Contohnya adalah sampah plastik, kaca, battray yang sudah habis (bahan berbahaya yang mengandung limbah B3). Sampah seperti ini adalah sampah yang membutuhkan penanganan ekstra. 

Jadi kita harus mengelompokkan,  jangan dijadikan satu sama yang sampah yang orgnik.

 
Disclaimer

Bagi kita yang tidak ingin dikatakan manusia yang tidak baik,  harusnya kita jangan membuang sampah sembarangan. Tidak ada yang susah menyimpan sampah sementara kemudian nanti di buang setelah melihat tempat sampah. 

Mari kita membiasakan untuk membuang sampah pada tempat yang benar. Jangan di sungai, jangan di hutan dan jangan di tempat umum lainnya. 

Go Indonesia, jaya!!